Kemah Orientasi Saka Kalpataru 2017 - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sleman

Info Kita

Post Top Ad

Sunday, July 30, 2017

Kemah Orientasi Saka Kalpataru 2017

Untuk Menambah wawasan dan pengetahuan tentang isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati dengan tujuan akhir membentuk generasi muda yang ramah pada lingkungan hidup dikalangan Pramuka Dinas Lingkungan Hidup Sleman mengadakan kegiatan Orientasi SAKA KALPATARU di Desa Wisata Bangunkerto Kecamatan Turi, Sleman dengan peserta Pramuka dari berbagai sekolah enengah di Kabupaten Sleman yang diwakili masing-masing 8 peserta dari 10 sekolah menengah yaitu SMA, SMK dan MAN di Kabupaten Sleman. Selain dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sleman Drs. PURWANTO, M.Si. sebagai pembuka acara, hadir pula tamu undangan seperti Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka, Waka Bina Muda Kwarcab Sleman, Camat Turi beserta Muspika (KAPOLSEK dan DANRAMIL) Turi, Kepala Desa Bangunkerto dan Ketua Pengelola Desa Wisata Garongan.

Saka Kalpataru adalah salah satu Satuan Karya Pramuka di Gerakan Pramuka yang khusus bergerak dalam bidang cinta lingkungan hidup. Sebagaimana layaknya Satuan Karya Pramuka lainnya, para anggota akan dikelompokkan dalam krida-krida yang mengkhususkan pada materi tertentu. Setiap Krida memiliki Syarat Kecakapan Khusus (SKK) untuk memperoleh Tanda Kecakapan Khusus Kelompok Kesatuan karyaan. Krida dan SKK dalam Saka Kalpataru terdiri atas :

  1. Krida 3R (Reuse, Reduce, Recycle) dengan tiga SKK yaitu SKK Komposting, SKK Daur Ulang dan SKK Bank Sampah.
  2. Krida Perubahan Iklim dengan tiga SKK yaitu SKK Hemat Air, SKK Hemat Energi Listrik dan SKK Transportasi Hijau.
  3. Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati dengan tiga SKK yaitu SKK Pelestarian Sumber Daya Genetik, SKK Pelestarian Ekosistem dan SKK Jasa Lingkungan.

Kegiatan SAKA KALPATARU tersebut akan diselenggarakan selama 3 hari 2 malam dari tanggal 21 sampai 23 Juli 2017. Kegiatan ini, meliputi pengenalan materi kondisi lingkungan hidup secara umum dan materi sesuai dalam Krida SAKA KALPATARU (Krida 3R, Krida Perubahan Iklim dan Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati) serta masih ada kegiatan lainya yang telah disiapkan oleh Panitia SAKA KALPATARU. Kegiatan ini tentunya dibuat menyenangkan sehingga tujuan utama kita untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang lingkungan hidup dapat tercapai.

Sumber : Dinas Lingkungan Hidup Sleman

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad