Pramuka Diharapkan Menjadi Produsen Informasi

Untuk menyikapi pesatnya perkembangan media sosial saat ini, Gerakan Pramuka memiliki Tagline ’Setiap Pramuka adalah Kantor Berita’. Tagline tersebut sebagai upaya agar anggota pramuka lebih aktif, produktif dan kreatif dalam menyuarakan atau mengabarkan keadaan disekitarnya dan menolak berita palsu atau hoax. Hal tersebut Disampaikan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Sleman Sri Purnomo dalam upacara peringataan Hari Pramuka ke 56 tahun 2017 tingkat Kabupaten Sleman di Lapangan Ronggo Kalasan Senin (14/8).

“Pramuka tidak sekedar hanya menjadi konsumen informasi, tapi juga menjadi produsen informasi. Tapi juga menjadi produsen informasi, selain memberitakan informasi di media sosial, pramuka juga merespon dan menolongnya di tempat”, jelas Adhyaksa.

Menurutnya Gerakan Pramuka merupakan garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada Satya dan Darma Pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan pramuka sebagai pedoman bersikap dan berprilaku. “Gerakan pramuka merupakan penyatuan dari 60 organisasi kepanduan untuk dapat menjadi perekat bangsa.” katanya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dengan mengusung tema Hari Pramuka ke 56 tahun 2017 ’Bekerja untuk kaum muda, mewariskan yang terbaik bagi bangsa’ mengindikasikan bahwa Gerakan Pramuk tetap konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda berkarakter melalui berbagai kegiatan yaang lebih melibatkan kaum muda untuk mewariskan yang terbaik bagi bangsa, terutama menyiapkan Generasi Milenial untuk menjadi pemimpin taerbaik bagi bangsanya.

Adhyaksa menambahkan bahwa Gerakan pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal akan melengkapi pendidikan informal yang diperoleh anak-anak dalam keluarga, dan pendidikan formal di sekolah. Hal tersebut mengingat pendidikan formal saja tidak cukup untuk menghasilkan kaum muda yang handal dan berkarakter. Sedangkan peranan keluarga sebagai pelaku pendidik informal yang dilaakukan orang tua dalam membentuk karajter anak-anak sangatlah penting.

Bupati Sleman yang bertindak sebagai inspektur dalam upacara tersebut juga mengukuhan Pramuka Garuda tahun 2017 yang ditandai dengan penyematan Satya Lancana. Adapun anggota Pramuka Garuda yang dilantik oleh bupati sleman tersebut untuk golongan Siaga Rizky Alvi Dwi Rahayu dari SDN Mlati 2, Azelin Azzahra PS dari SDN Mlati 2, Maulya Allys Myarjati R dari SDN Mlati 2, Gendis Sabilla dari SDN Mlati 2, Vania Bunga Revisca dari SDN Mlati 2. Untuk golongan Penggalang Aan Adi Wirawan dari SMPN 4 Pakem, Afindra Yosha Dwiky Putra dari SMPN 4 Pakem, Muhammad Azid Fadhil Nabhani dari SMPN 4 Pakem, Rahmat Syaiful Sidik dari SMPN 2 Ngaglik, Fatmawati Aisyah Azzahra Sarwana dari SMPN 1 Tempel, Novita Wulandari dari SMPN 2 Ngaglik, dan Nida Rachma Saukilmuna dari SMPN 2 Ngaglik , serta untuk golongan Penegak atas nama Panji Muliya dari SMKN 1 Seyegan.

Sumber : SlemanKab.go.id

Posting Komentar

0 Komentar