Dalam Program Peningkatan Kapasitas Anggota : Saka Kalpataru Kwartir Cabang Sleman Laksanakan Latihan Krida 3R dan Kunjungan di TPST Sendangsari

Latihan Krida 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Saka Kalpataru Sleman dilaksanakan di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Sendangsari, Minggir Sleman pada hari Sabtu, 3 Agustus 2024. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kak Retno Dian Adiningsih, S.P., Pimpinan Saka Kalpataru Sleman.

Kegiatan dimulai dengan kunjungan mengelilingi TPST yang dipandu oleh Kak Kris. Dalam kunjungan tersebut, peserta mendapatkan penjelasan mendetail mengenai urutan pengelolaan sampah di TPST Sendangsari. Kak Kris menjelaskan bahwa sampah yang dikelola di TPST ini selanjutnya dikirim ke Cilacap untuk diolah menjadi bahan bakar pengganti batubara.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan kompos dari sampah organik. Para peserta mendapatkan pelatihan praktis dalam proses pembuatan kompos, yang bertujuan untuk memanfaatkan sampah organik secara efisien dan mendukung prinsip 3R.

Acara ini juga dihadiri oleh Kak Dewi Setyowati, ST, M., Pimpinan Saka Kalpataru Sleman; Kak Dany Nur Fadliani Latuconsina, S.T., Pamong Saka Putri Saka Kalpataru Sleman; serta Faradilla Fauza Azha, selaku DKC Sleman.

Latihan Krida ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan anggota Saka Kalpataru dalam pengelolaan sampah serta menerapkan prinsip 3R secara efektif dalam kegiatan sehari-hari.


Editor : Kak D

Posting Komentar

0 Komentar