Pramuka Sleman Bersama BPOM Lakukan Uji Sampel Makanan di Pasar Gowok

Sleman – Anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sleman berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Selasa, 20 Agustus 2024 di Pasar Gowok, Jl. Nologaten, Caturtunggal, Depok.

Kegiatan ini merupakan program rutin bulanan BPOM yang diselenggarakan pada bulan Ramadhan dan Agustus. Tujuannya adalah untuk menjadikan anggota pramuka sebagai pelopor BPOM dalam menyebarluaskan informasi dan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kelayakan bahan obat-obatan dan makanan.

Terdapat 10 personel anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dari Kwartir Cabang Sleman yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. BPOM mengajarkan 3 Krida, yaitu Krida Pemantauan Obat dan Makanan, Krida Pengujian Obat dan Makanan, serta Krida Informasi Obat dan Makanan. Pasar Gowok digunakan sebagai objek praktik untuk 3 Krida tersebut.

Peserta diajak untuk melakukan uji sampel pada makanan di Pasar Gowok. Hasil pengujian menunjukkan masih terdapat makanan yang mengandung bahan kimia terlarang, seperti pewarna makanan. Sebagai tindak lanjut, anggota pramuka dapat melaporkan temuan tersebut ke BPOM, kemudian pihak BPOM akan memberikan edukasi kepada pedagang agar tidak menjual makanan yang tidak layak konsumsi.

Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan minat anggota pramuka untuk berpartisipasi dalam kegiatan serupa atau bergabung menjadi anggota Saka POM.


Posting Komentar

0 Komentar