Perkemahan Wirakarya (PW) X Kwarcab Sleman 2024 Melestarikan Sendang : Umbul Donga Di Sendang Kasunyatan


SLEMAN – Peserta Perkemahan Wirakarya (PW) X Kwarcab Sleman tahun 2024 bersama dengan Kak Bambang Nur Singgih, Andalan Kwarcab Sleman, dan tamu undangan melaksanakan Umbul Donga Sendang Kasunyatan di Kampung Pramuka Bromonilan pada Sabtu, 21 September 2024.

Kak Bambang Nur Singgih, selaku pimpinan Lembaga Kebudayaan Jawa Sekar Pangawikan (LKJSP) memimpin pelaksanaan Umbul Donga di Sendang Kasunyatan.

Prosesi Umbul Donga di Sendang Kasunyatan diawali dengan pembacaan doa, kemudian berjalan menuju Sendang Kasunyatan.

Sendang Kasunyatan terletak di Kampung Pramuka Bromonilan, tepatnya di sisi timur bumi perkemahan Desa Wisata Bromonilan. Kasunyatan berasal dari bahasa Jawa yang artinya Kenyataan (nyata). Sendang Kasunyatan merupakan salah satu mata air yang ada di Padukuhan Bromonilan. Hal ini disebabkan karena air tidak pernah surut meskipun di bulan kemarau. Masyarakat percaya bahwa air yang ada di Sendang adalah air suci, sehingga sering digunakan sebagai media memohon doa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Adanya giat Umbul Donga di Sendang Kasunyatan tersebut dimaksdukan peserta dapat mengetahui salah satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat di Bromonilan. Selain itu, pelaksanaan tersebut dapat memberitahukan kepada peserta atas keberadaan Sendang Kasunyatan di Padukuhan Bromonilan, Kalasan, Sleman.

Posting Komentar

0 Komentar